diposkan pada : 01-09-2020 16:35:25 pemahaman

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, setiap tahunnya melaksanakan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKMPM) dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai bentuk pengabdian.

Akan tetapi, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2020 ini berbeda dari tahun sebelumnya, dengan nama KKN Tanggap Wabah Covid-19 yang dilaksanakan pada periode 23 Juli-23 Agustus 2020.

Gracia Berta Prabowo mahasiswi Ilmu Administrasi Negara 2017 mengikuti KKN Rekognisi Covid-19 yang dibimbing oleh Dr. Rutiana Dwi W., S.Sos., M.Si sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dengan mengambil judul Peningkatan Pemahaman, Kepatuhan dan Keberdayaan Masyarakat Menghadapi Dampak Covid 19 dan New Normal yang berlokasi di Karangasem RT 05 RW 22 Banjarsari Surakarta dilakukan secara online dan offline.

Ada 6 jenis program kegiatan yang telah dilaksanakan, yaitu SOTAVID (Sosialisasi tentang Covid-19) dilakukan secara online dengan membuat gerakan tiktok yang diupload di akun @grc0709 tentang etika batuk dan menjaga daya tahan tubuh selama pandemi, sosialisasi dengan anak-anak Karangasem RT 05 RW 22 tentang covid-19 via Videocall Whatsapp dan mengirimkan informasi seputar Covid-19 digrup Whatsapp  Karangasem RT 05 RW 22 Banjarsari, Surakarta.

Program kegiatan yang kedua yaitu BENAVIMAL (Belajar Mengenal Covid-19 dan New Normal) dilakukan secara online dengan tanya jawab bersama karangtaruna Karangasem RT 05 RW 22 via Videocall Whatsapp, bukan hanya sekedar itu saja, pembuatan masker kain juga dilakukan secara online dengan mengupload di Youtube Gracia Berta, memberikan tutorial membuat face shield dengan hasil nyata setiap karangtaruna ikut membuat face shield kemudian dikirimkan digrup Whatsapp karangtaruna sebagai bukti laporan serta pembuatan handsanitizer alami dari daun sirih dilakukan secara offline melibatkan 5 warga Karangasem RT 05 RW 22 Banjarsari, Surakarta dalam proses pembuatannya.

Program kegiatan ini bernama APEL SI COVID (Alat Pelindung dan Kebersihan Diri dari Covid-19). Program selanjutnya yaitu JAYA ASIK (Jaga Daya Tahan Fisik selama pandemi) dengan melaksanakan anjangsana berupa pemberian vitamin dan sosialisasi ke lansia serta orang sakit di Karangasem RT 05 RW 22 dengan tujuan agar para lansia dan orang yang sakit dapat lebih meningkatkan kesehatannya selama pandemi. 

Program selanjutnya yaitu ZITUMI (Pemenuhan Gizi Tubuh selama Pandemi) dilaksanakan secara online dan offline yang terlibat adalah ibu-ibu PKK Karang Indah RT 05 RW 22 dalam membuat masakan dari kacang hijau dan singkong sebagai wujud untuk meningkatkan kesadaran Ibu-Ibu dalam memberikan gizi makanan bagi keluarga selama pandemi, kegiatan ini diikuti sekitar 5 orang, kegiatan ini sebagai wujud lomba menyambut HUT RI saat pandemi. Program kegiatan yang lain yaitu pembagian pamphlet dan pemasangan poster serta banner tentang protokol kesehatan yang dipasang di tempat public seperti Pos Kamling Karangasem RT 05 RW 22, Balai RW 22 Banjarsari, dan di gapura RT 05 Karangasem.

Harapan dari pelaksanaan program kegiatan KKN ini agar warga Karangasem RT 05 RW 22 Banjarsari, Surakarta semakin patuh, sadar dan mampu mengaplikasikan melakukan Tindakan untuk mencegah penularan atau penyebaran Covid-19 dan siap menghadapi New Normal.